Kamis, 17 April 2008

Unsur-unsur aqad

Unsur aqad adalah sesuatu yang merupakan pembentukan adanya aqad, yaitu:

Shigat aqad yaitu sesuatu yang disandarkan dari dua belah pihak yang beraqad yang menunjukan atas apa yang ada dihati kedunya tentang terjadinya suatu aqad. Hal ini dapat diketahui dengan ucapan, perbuatan, isyarat dan tulisan. Metode shigat atau ijab qabul dalam beraqad dapat dilakukan dengan beberapa cara:

Aqad dengan lafad (ucapan). Akad dengan lafad yang dipakai untuk ijab dan qabul harus jelas pengertiannya, harus bersesuaian antara ijab dan qabul, dan shigat ijab dan qabul harus sungguh-sungguh atau tidak diucapkan secara ragu-ragu. Karenanya, apabila shigat aqad tidak menunjukan kesungguhan aqad, maka menjadi tidak sah.

akad dengan tulisan, dibolehkan aqad dengan tulisan baik bagi mereka yang mampu berbicara maupun tidak, dengan syarat tulisan tersebut harus jelas, tampak, dan dapat dipahami oleh kedua belah pihak. Sebab tulisan sebagaimana dalam kaidah fiqhiyah, “tulisan bagaikan ucapan”.

Aqad dengan perbuatan, dalam aqad terkadang tidak digunakan ucapan, tapi cukup dengan perbuatan yang menunjukan saling meridhoi.

Tidak ada komentar: